Jumat, 07 Desember 2012

STRATEGI PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA UNTUK MENJAMIN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PENGGUNA.

      Laboratorium kimia harus merupakan tempat yang aman bagi para penggunanya. Aman dari setiap kemungkinan kecelakaan fatal dari sakit maupun kesehatan. Hanya dalam laboratorium yang aman seseorang dapat bekerja dengan aman, produktif, dan efisien, bebas dari rasa khawatir akan keceakaan dan keracunan.
      Keamanan adalah faktor yang seharusnya menjadi perhatian paling besar dalam kegiatan laboratorium. Syarat keamanan di laboratorium bertujuan untuk melindungi baik yang bekerja di laboratorium itu sendiri maupun untuk lingkungan dan menciptakan suasana laboratorium sebagai sarana belajar sains yang aman. Caranya dengan meningkatkan pengetahuan praktisi sains (dosen, laboran, siswa) tentang keselamatan kerja, mengenal bahaya yang mungkin terjadi serta upaya penanganannya.


           Ada beberapa kunci keberhasilan dalam mengelola laboratorium, diantaranya: ditentukan oleh strategi pengelolaan perangkat-perangkat secara optimum; pengelola laboratorium harus mengenal perangkat laboratorium secara total; manajemen laboratorium sangat kompleks dan harus sinergis antara satu komponen dengan komponen yang lain; dan perlu pengetahuan standar dalam mengeloa laboratorium.
      

Tidak ada komentar: